Sabtu, 02 April 2011

Instalasi Ubuntu 10.10 di PC Lab SMAN 1 Grabag (Install Ubuntu dalam jumlah banyak)

Biasanya saya melakukan clone system untuk hardisk IDE, jadi ndak masalah. Masalahnya, IDE semakin jadul dan PC mulai didominasi SATA yang jelas konektor powernya beda ama IDE. Awalnya saya sempat bingung juga dengan jatah konektor power yang cuma 1 dan saya harus clone 2 hardisk.

Ini adalah catatan melakukan instalasi 16 Unit komputer PC Lab TIK2:

TAHAP 1
  1. Install Ubuntu 10.10 sampai selesai
  2. Setting Networkingnya
  3. Ubah repositorinya
  4. Lakukan update
  5. Install aplikasi tambahan yang diperlukan (Inkscape)
  6. Instalasi selesai
TAHAP 2 (Membuat Image)
  1. Set BIOS agar booting dari DVD
  2. Pasang DVD External (type USB)
  3. Pasang HDD External (saya menggunakan Transcends 250 GB) untuk menyimpan image
  4. Masukkan CD Image (saya pake Acronis)
  5. Jalankan Acronis kemudian buat Image
  6. Simpan Image di HDD External
  7. Pembuatan Image selesai
TAHAP 3
  1. Pasang PC baru
  2. Pasang HDD External
  3. Masukkan CD Acronis
  4. Jalankan Acronis
  5. Lakukan Restore Image dari HDD
  6. Proses creating image selesai
TAHAP 4
  1. Hidupkan PC
  2. Buat Akun untuk PC misal PC01
  3. Setting Networking dan Internet Gateway
  4. Proses selesai
Semua PC dapat digunakan untuk pembelajaran..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

apakah harus ada syarat hadware pak?misal hardisk, atu vganya harus sama ato gmn pak?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop